Rabu, 02 Januari 2013

Gejala Penyakit Mata



Gejala Penyakit Mata Merah Mudah Menimbulkan Kebutaan

Gejala Penyakit Mata
Penderita dengan keadaan mata merah sering menganggap enteng gejala ini. Keadaan Mata merah, bisa saja merupakan suatu gejala penyakit mata yang dapat disembuhkan dengan obat tetes mata antibiotik saja, bahkan dapat sembuh sendiri. 

Namun mata merah banyak merupakan gejala penyakit mata yang harus segera ditangani oleh dokter. Dan mata merah ini…akan menyebabkan kelainan mata yang lebih buruk atau menimbulkan kebutaan.

Kita tinjau dahulu keadaan mata merah. Gejala mata merah, harus dilihat gejala gejala penyerta lainnya. Mata merah, dengan kotoran mata yang sangat banyak dan berwarna kuning seperti nanah, terasa sakit. Keadaan mata merah ini harus segera ditangani karena gampang terjadi perforasi kornea., mata kences, sehingga mudah terjadi kebutaan .

Keadaan mata merah, rasa sakit kepala yang dalam, disertai ketajaman penglihatan yang berangsur angsur memburuk. Ini karena terjadi kerusakan syaraf mata.

Bila karena zat kimia harus segera dilakukan bilas mata, sedangkan benda asing pada mata harus segera dibuang benda asing tersebut.

Mata merah, rasa sakit yang sangat dapat disebabkan endoftalmitis. Ini dapat disebabkan infeksi mata yang tidak tertangani dengan baik. Untuk itu anda perlu membaca tips menjaga kesehatan mata


Penyakit Mata Akibat Kurang Vitamin


Vitamin adalah zat yang diperlukan metabolisme tubuh, hasil riset ditemukan, bahwa cukup banyak penyakit mata selalu berhubungan erat dengan kurangnya vitamin. Lalu, penyakit-penyakit mata apa saja yang akan ditimbulkannya jika kekurangan vitamin?
1. Kekurangan vitamin A. Bisa menyebabkan pernyakit buta malam, xerophthalmia dan cornea softing.
2. Kekurangan vitamin B1. Memanifestasikan mata kering, daya pandang menurun, manik mata membesar, lamban memberikan reaksi terhadap cahaya, tertarik sakit ketika mata bergerak, bagian lekuk mata terasa sesak dan sakit dan sebagainya.
3. Kekurangan vitamin B2. Acap kali bisa menyebabkan radang saraf visual, bintil mata, radang selaput mata dan sebagainya. Manifestasinya adalah daya pandang menurun, mata takut pada cahaya, air mata mengalir, kongesti selaput mata dan sebagainya. akan bisa membantu mencegah dan mengobati timbulnya gejala penyakit tersebut.
Karena itu, saat kekurangan vitamin, bisa menyebabkan perdarahan bagian atas mata sebagaimana yang disebutkan di atas.
Jika bisa lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran hijau yang segar dan buah-buahan, akan bermanfaat mencegah perdarahan pada bagian seluruh tubuh dan bagian mata. Karena vitamin C bisa melemahkan cahaya dan oksigen terhadap kerusakan pada lensa mata (berhubungan dengan timbulnya penyakit katarak), jadi perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, bisa memperlambat timbulnya penyakit katarak.

Tanda dan Gejala Penyakit Mata Katarak


Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat penambahan cairan di lensa, pemecahan protein lensa, atau kedua-duanya. Katarak merupakan penyebab kebutaan utama yang dapat diobati di dunia pada saat ini. Katarak ini disebut sebagai katarak senilis (katarak terkait usia). Pasien dengan katarak mengeluh penglihatan seperti berasap dan tajam penglihatan menurun.

Gejala dan Tanda
Gejala utama yang dijumpai adalah penglihatan berkabut dan penglihatan yang semakin kabur. Pada lensa mata penderita katarak akan tampak bayangan putih.
Satu-satunya terapi untuk pasien katarak adalah bedah katarak dimana lensa diangkat dari mata (ekstraksi lensa) dengan prosedur intrakapsular atau ekstrakapsular :

Pada tehnik ini, bagian depan kapsul dipotong dan diangkat, lensa dibuang dari mata, sehingga menyisakan kapsul bagian belakang. * Fakofragmentasi dan fakoemulsifikasi. Teknik ini kurang efektif pada katarak yang padat.

Adanya lensa intraokular dan lensa kontak kornea menyebabkan penyesuaian penglihatan setelah operasi katarak menjadi lebih mudah dibandingkan sewaktu hanya tersedia kacamata katarak yang tebal.

Pada penelitian lain oleh Nishikori dan Yamomoto, rasio pria dan wanita adalah 1:8 dengan dominasi pasien wanita yang berusia lebih dari 65 tahun dan menjalani operasi katarak.

Pemeriksaan
Pada pasien katarak, dapat dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan.

Baca juga artikel tentang tips cepat langsing



Tidak ada komentar:

Posting Komentar