Kamis, 27 Desember 2012

Tips Kesehatan Mata


6 Tips Kesehatan Mata

Tips Kesehatan Mata
Lindungilah mata dan penglihatan Anda dengan tujuh tips berikut:
Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik.

1. Kendalikan tekanan darah dan gula darah
Glukosa darah yang tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan retinopati diabetik dan komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak.

2. Dapatkan nutrisi terbaik untuk mata
Lindungi mata Anda dengan makanan di piring Anda. Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel mata dan sel-sel tubuh secara keseluruhan dari kerusakan oleh radikal bebas.

3. Lindungi mata dari sinar matahari
Untuk mencegah sinar UV yang berbahaya, pakailah kaca mata hitam yang dirancang khusus untuk melindungi mata jika Anda berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama. 

4. Gunakan pelindung mata
Jika Anda bekerja dengan bahan berbahaya, pakailah kacamata pelindung yang dapat melindungi mata Anda dari cedera, kerusakan, dan kebutaan. Pakailah pelindung mata seperti helm dan kacamata olahraga untuk melindungi Anda.

5. Lakukan kebiasaan yang baik untuk mata
Ambillah jeda istirahat dan alihkan pandangan Anda pada benda-benda yang jauh untuk membantu mencegah masalah ini.

6. Kunjungi dokter mata Anda.
Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Segeralah mengunjungi dokter mata jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mata karena infeksi atau penyakit mata kronis yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kebutaan.

Tips Kesehatan Mata


Mata merupakan bagian penting dalam hidup ini. Tanpa mata rasanya dunia ini gelap gulita. Oleh karena itu seyogyanya kita menjaga dan menyayangi kesehatan mata kita. Banyak orang yang tidak peduli akan kesehatan matanya, hal inilah yang menyebabkan banyak orang mengidap penyakit mata.

- Makan Makanan Bergizi


Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.


Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

- Bermain Video Game


Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Sebaiknya biasakan marahi anak yang bermain game terlalu dekat. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh.


Tips Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer


Terutama bagi anda yang merasa matanya panas atau lelah. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata.

Usahakan agar ruangan anda cukup terang agar mata anda tidak bekerja terllau keras. sesuaikan cahaya dari monitor dengan cahaya dari ruangan.

1–Gunakan filter monitor.

Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor.



2–Periksa monitor anda.

Periksa apakah monitor anda masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lain. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata anda terganggu. Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda.



 3–Perhatikan posisi monitor.

Hal ini selain agar tidak melelahkan mata anda, juga menjaga agar bahu dan leher anda cukupnyaman bekerja.



Bila anda harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran atau “font” hurup yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca hurup kecil pada monitor. Mata anda bukanlah mikroskop bagi tulisan yang ada di layar monitor. Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor anda.



4–Istirahatkan mata anda.

Relakskan mata anda. Jangan kucek-kucek mata anda. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan sejuk. Bila anda menggunakan kacamata atau lensa kontak dan anda harus bekerja sepanjang hari di depan monitor, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik anda agar anda bisa mendapatkan kacamata yang sesuai. Sesekali biarkan mata anda melihat bebas. Jangan paksa mata anda melihat tanpa bantuan kacamata anda.



5-Jaga jarak antara monitor dengan mata

Jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai degan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata. Semoga bermanfaat....










Tidak ada komentar:

Posting Komentar