Kamis, 27 Desember 2012

Penyakit Mata


 Macam-Macam Penyakit Mata 

Penyakit Mata
Penyakit mata terdiri atas berbagai macam dan tidak semuanya dapat menular. Secara umum dapat dibedakan dari penyebab virus atau bakteri. 

Jika penyakit mata disebabkan virus atau bakteri maka bisa menular, sedangkan jika penyebabnya alergi tidak akan menular. Berikut ini beragam penyakit mata yang perlu Anda ketahui :
1.      Konjungtivitis ( menular )
Merupakan penyakit mata akibat iritasi atau peradangan akibat infeksi di bagian selaput yang melapisi mata. Pada bayi, penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal dan umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri penyebabnya.
Cara Penanganan
Kompres mata dengan air hangat
Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika seseui resep dokter.
2.      Trakoma ( menular )
Infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis yang berkembang biak di lingkungan kotor atau bersanitasi buruk serta bisa menular. Memiliki gejala : mata memerah, mengeluarkan kotoran, pembengkakan kelopak mata dan kelenjar getah bening dan kornea terlihat keruh.
Penanganan :
Pembedahan mungkin perlu dilakukan jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea.
3.      Keratokonjungtivitas Vernalis (KV)
Memiliki gejala mata merah, berair, kelopak mata bengkak, gatal, dan adanya kotoran mata.
Jangan menyentuh atau menggosok mata karena bisa menyebabkan iritasi.
Kompres mata dengan air hangat.

4.    Endoftalmitis
Infeksi pada lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. 
Penanganan:
Obat antibiotika biasanya akan diberikan oleh dokter mata
Dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan nanah yang ada di bola mata.

5.    Selulitis Orbitalis (SO)

Penyakit mata akibat peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejalanya mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol dan bengkak, serta demam. Pada anak-anak, SO sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus atau infeksi berasal dari gigi.

6.    Blefaritis
Peradangan yang terjadi pada kelopak mata akibat produksi minyak berlebihan dan berasal dari lapisan mata. Memiliki gejala berupa mata merah, panas, nyeri, gatal, berarti, terdapat luka di bagian kelopak mata dan membengkak, bahkan rontoknya bulu mata. Dan blefaritis posterior (peradangan di kelopak mata bagian dalam, bagian kelopak mata dan bersentuhan dengan mata, disebabkan adanya kelainan pada kelenjar minyak).

7.    Dakrosistitis
Penyakit mata yang disebabkan penyumbatan pada duktus nasolakrimalis (saluran yang mengalirkan air mata ke hidung). Penyumbatan disebabkan alergi sehingga menyebabkan infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah dan bengkak, bisa mengeluarkan nanah dan mengalami demam.
Penyakit ini bisa terjadi di seluruh permukaan kornea sampai bagian dalam dan belakang kornea.
   

Jenis-Jenis Penyakit Mata dan Terapinya


Sakit mata dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani, jadi jagalah kesehatan mata anda. Mata merupakan alat indra yang sangat penting. Secara medis, sakit mata disebabkan oleh beberapa sebab, salah satunya karena adanya gangguan mata bawaan. Sakit mata bawaan ini terjadi pada mereka yang mempunyai riwayat orang tua mempunyai gangguan mata sehingga gangguan mata tersebut menurun pada anaknya.

Glaukoma ini dapat terindikasi dengan adanya beberapa gejala yang tampak, seperti mata terlalu sensitif dengan cahaya, mata sering berair, mata nampak terlihat merah. Sakit mata bisa disebabkan oleh faktor lain, yaitu faktor usia dan faktor gangguan pada struktur syaraf mata.

Jenis-Jenis Sakit Mata

Rabun Dekat

Rabun Senja

Rabun Jauh
Ini adalah penyakit mata yang biasa terjadi pada orang lanjut usia dan anak yang baru dilahirkan.

Hordeolum
Hordeolum adalah infeksi mata yang menyerang kelenjar mata. Penyakit mata ini biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Operasi dilakukan bagi mereka yang menderita sakit mata katarak. Tingkat yang lebih gawat lagi, operasi mata ini hanya dilakukan bagi penderita glaukoma yang dapat mengakibatkan kebutaan. Tetapi, bagi beberapa orang yang sudah menderita sakit mata level tinggi, dapat dilakukan terapi mata.

Sakit Mata-Penyembuhan Bagi Penderita Sakit Mata

Bagi Anda yang mengalami sakit mata rabun dekat, rabun jauh, dan silinder, terapi ini banyak membantu. Jika anda menggunakan kacamata atau lensa, tanggalkan. Tugas awal Anda adalah melihat lurus ke atas melewati alis Anda. Lempar pandangan sejauh mungkin bola mata Anda ke kiri selama 3 detik. Lakukan selama 7 kali. Jika mata anda merasa lelah, kedipkan mata pelan-pelan.

• Kedipkan mata untuk mengistirahatkannya. Kemudian, putar pola mata Anda ke kanan dan kekiri selama 7 kali. Saat memutar bola mata seperti ini, jangan sekali-kali anda memutar kepala Anda.

• Kedipkan mata untuk mengistirahatkan. Putar bola mata Anda sambil melihat lurus ke atap.Kedipkan mata lagi kemudian putar bola mata Anda ke kanan dan ke kiri, tapi dengan mata tertutup.

• Jangan lupa kedipkan mata. Lihat ke arah sudut kanan atas mata Anda. Gerakkan perlahan dan usahakan mata Anda selalu fokus, selama mungkin.
• Kemudian, lakukan dengan cara garis vertikal selama 7kali.Langkah selanjutnya adalah melihat hidung Anda selama 3 detik kemudian melihat lurus ke depan selama 3 detik. Pada tahap ini usahakan untuk melihat objek yang ada di sebelah kanan-kiri anda. Sementara, mata anda fokus melihat ke depan. Ingat, kedipkan mata untuk mengistirahatkan mata.
• Rilekskan mata. Saat mata Anda terpejam, bayangkan hal-hal yang paling Anda sukai, bisa bayangan di taman atau di sawah.

Efek Terapi untuk Sakit Mata
Efek dari terapi untuk sakit mata akan menunjukkan perubahan yang baik. Ini menunjukkan terapi yang Anda lakukan berhasil. Dengan sendirinya, kacamata yang biasa dipakai akan Anda tanggalkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar