Senin, 31 Desember 2012

Tips Merawat Tubuh


Tips Merawat Tubuh Agar Sehat

Tips Merawat Tubuh
Tubuh sehat adalah dambaan setiap manusia. Dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan apa saja yang menjadi cita-cita kita.

Sehat bisa dibilang kunci kita bisa meraih kesuksesan, karena tidak mungkin kita bisa mencapai keinginan kita jika kita dalam kondisi yang sakit. Oleh karena itu kita harus mempertimbangkan kesehatan tubuh kita.

Tubuh manusia terdiri dari beberapa organ yang semuanya harus dijaga kesehatannya. Jangan terlalu memforsir salah satu organ tubuh kita. Misalnya kita terlalu lama maen game sehingga mata kita menjadi lelah dan bisa mengakibatkan rabun jauh.  Jika mata anda lelah maka istirahatlah untuk menjaga kesehatan mata anda. Anda bisa membaca tips bagaimana menjaga mata agar tetap sehat disini.

Ada beberapa hal yang harus anda hindari diamping memakan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Adapun hal-hal yang harus dihindari adalah

Merokok
Jika anda perokok berarti anda membiarkan dengan sadar tubuh anda dimasuki racun. Karena didalam rokok mengandung zat-zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Paru-paru kita menjadi terancam akan kesehatannya. Banyak sekali kasus penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh merokok.

Minum alkhohol
Alkhohol jika diminum akan mengakibatkan racun yang merusak fungsi hati/liver kita. Kerja liver kita menjadi meningkat untuk menetralisir alkhohol yang masuk. Alkhohol jelas-jelas dilarang oleh agama karena dampak negatifnya lebih besar jika manusia meminumnya. Orang yang minum alkhohol biasanya akan mengalami mabuk, sehingga kesadarannya terganggu. Disitulah nanti akar masalah akan datang.

Tidur larut malam
Hindari tidur terlalu larut malam karena akan bisa merusak kesehatan tubuh kita. Kebutuhan istirahat tubuh yang seharusnya 8 jam sehari akan berkurang jika kita begadang.

Makanan yang bergizi
Anda tidak bisa hanya menghindari hal-hal di atas saja jika ingin tubuh kita sehat. Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk pada tubuh kita. Harus mengandung 4 sehat 5 sempurna. Mulai dari protein, vitamin dan mineral. Makanlah buah-buahan sebagai antioksidan sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya. Kemudian anda juga harus memperhatikan asupan air dalam sehari. Anda harus tahu berapa kebutuhan air tubuh dalam sehari yaitu 2-2,5 liter/hari. Tentunya anda minum air putih saja untuk memenuhi kebutuhan air tubuh kita.

Belajar membersihkan hati
Ini merupakan hal baru yang ditemukan. Ternyata perilaku seseorang akan mempengaruhi kesehatannya. Misalnya banyak orang yang terkena penyakit struma, ternyata setelah di teliti penderita mempunyai sifat pendendam. Orang yang sering marah-marah akan mudah untuk terserang penyakit jantung.

Olah raga teratur
lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan anda. Dengan berolahraga kita melakukan pembakaran didalam tubuh kita. Hal ini akan bisa mejaga fungsi kesehatan organ-organ tubuh kita. 

Demikian tips merawat tubuh yang bisa saya tulis semoga bisa bermanfaat bagi saya dan para pembaca semuanya amien.

Baca juga artikel tentang tips menjaga tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar